Cara Sambung Susu Tanaman Agar Cepat Berhasil

5 views

Sebenarnya untuk membaiki mutu sebuah tanaman secara vegetative buatan ada banyak cara, cara tersebut antara lain yaitu okulasi, sambung, cangkok, top working dan lain lain. Nah salah satu cara yang akan kami bahas dalam artikel ini yaitu tentang cara sambung susu tanaman, bagaimana cara penyambungannya ?? yuk kita bahas dan ulas bersama-sama. Sebelum ke cara melaksanakan sambung susu kita harus tau, apakah sambung susu tanaman itu ?.

Pengertian cara sambung susu tanaman

cara sambung susu tanamanCara sambung susu tanaman adalah cara perbanyakan dan perbaikan mutu tanaman dengan menggabungkan dahan atau cabang utama sebagai indukkan dengan tanaman sejenis yang memiliki akar.

Sebelum kita tau teknik dan praktek cara sambung susu tanaman kita harus mempunyai alasan untuk melaksanakan teknik ini. Go green adalah kata yang sering kita dengar di setiap forum-forum internasional tentang penyelamatan bumi. Salah satu penyelamatan bumi yaitu dengan cara penanaman pohon. Untuk itulah kita harus mampu menanaman pohon yang kita inginkan yaitu tanaman yang tidak hanya menghasilkan oksigen untuk mencegah global warming, namun kita juga bisa mengambil hasil dari tanaman yang kita tanam baik itu buah daun atau bijinya yang akan kita ambil hasilnya. Di zaman sekarang ini lahan semakin sempit maka kita harus mampu membuat tanaman yang tidak terlalu besar tapi sudah dapat menghasilkan.

Maka itu, ada cara menjadikan tanaman seperti itu agar bisa ditanam di pekarangan rumah atau lahan yang makin lama makin sempit ini. Teknik sambung susu namanya teknik yang sangat mudah di kerjakan bagi pemula yang ingin mendapatkan tanaman yang di inginkan seperti yang telah kita singgung di atas. sebelum kita ke praktek, terlebih dulu kita persiapkan alat dan bahan.

Persiapan sebelum praktek sambung susu tanaman

Alat yang kita gunakan antara lain :

1.pisau okulasi, cuter juga bisa haruslah yang tajam dan seteril.

2.grafting tape/plastik okulasi.

3.tali rafia.

Dan bahan yang diperlukan yaitu :

1. pohon utama sebagai indukan, sebagai indukan harus memenuhi kriteria sebagai berikut :

  • Harus mampu berbuah lebat dan banyak.
  • Buah yang d hasilkan harus mampu menahah serangan hama.
  • Pohon juga harus mampu menahan serangan hama
  • Ranting kuat dan nampak segar
  • Daun hijau sehat dan lebat bebas dari penyakit

2. Batang bawah beserta polibagnya harus memiliki:

  • perakaran yang sempurna maksudnya masih memiliki akar tungang dan akar-akar serabut tumbuh dengan sempurna.
  • Batang bawah harus sehat
  • Tidak kerdil/besar sesuai umur.
  • Lurus ini berguna untuk mempermudah pengerjaan nantinya.

Kelebihan sambung susu tanaman adalah prosentase jadinya lebih besar karena batang yang akan kita gunakan sebagai batang atas masih di topang oleh batang induk jadi setengah kebutuhan sari makanan masih di dapat dari pohon utama dan batang bawah masih menyerap makanan dari akarnya sendiri. Karena dari itu proses penyembuhan luka dapat berlangsung secara sempurna.

Langkah-langkah cara sambung susu tanaman

Baiklah setelah alat dan bahan telah kita persiapkan lagsung saja praktek.

cara sambung susu tanamanLangkah 1 : Kita cari dulu ranting/batang yang competaible atau kesesuaian besarnya dengan batang bawah. Setelah kita dapatkan batang atas yang pas dengan batang bawah yang pas langsung saja batang atas kita sayat dari bawah ke atas sesuai ukuran yang di inginkan biarkan sayatan tetap menempel dulu jagan di hilangkan, harus hati-hati dalam menyayat batang ini karena biasanya posisi yang kurang pas menyebabkan sayatan tidak sempurna. Sempurnanya sayatan adalah sekali sayat langsung jadi dengan panjang yang di inginkan kira-kira 8 cm, agar saat sambungan masih baru atau belum melekat antara batang bawah dan atas  nantinya sambungan kuat karena akan menahan goncangan angin juga menahan beban air saat daun basah karena hujan. Tetapi juga jangan terlalu panjang juga karena penyembuhan luka juga akan lama.

cara sambung susu tanamanLangkah 2 : Setelah batang atas jadi, pindah pengerjaan batang bawah. Potong batang bawah sekitar kurang lebih 20 cm dari pangkal batang atau batas tanah di polibang  setelah di potong kira-kira 20 cm kemudian di sayat menyamping, panjang sayatan batang bawah harus sama dengan sayatan batang atas dari pohon induk yang kita kerjakan tadi. Kemudian setelah sayatan kedua batang telah jadi coba di satukan apakah sudah pas dan sudahkah tidak ada ronga udara. Jika masih ada ronga udara dengan kata lain masih belum rata sayatan yang di buat, luruskan dan ratakan dulu agar nantinya sayatan batang atas dan bawah bisa menempel sempurna, karena rongga udara atau belum ratanya sayatan akan berakibat penyembuhan luka yang tidak sempurna jadi lama dan sulitnya menempel antara batang atas dan batang bawah.

cara sambung susu tanamanLangkah 3 : Selanjutnya setelah sayatan terlihat menyatu dengan sempurna, ikat dulu polibang kepohon induk agar nantinya dapat memudahkan kita saat mengikat sayatan antara batang bawah dan batang atas, pengikatan juga agar nantinya sambungan tidak goyah dan bergeser geser.

Setelah itu barulah ikat sayatan batang atas dan batang bawah mengunakan grafting tape/ plastik okulasi, ikatan harus kuat supaya menyatu sempurna batang atas dan batang bawah, ikatan juga harus rapat dan kuat tujuannya agar air tidak dapat masuk yang akan mengangu proses penyatuan batang atas dan batang bawah. Dengan pengikatan secara rapat juga dapat mempercepat proses menyatunya sambungan susu tanaman yang telah dikerjakan.

cara sambung susu tanamanLangkah 4 : Setelah semua di kerjakan maka tungu kira-kira 3 bulan atau waktu penyatuan bisa lebih pendek juga bisa lebih panjang tergantung dari 2 pohon atas dan bawah.

Kemudian akan terlihat jelas saat telah berhasil sambungan susu yaitu pokok batang bawah dan atas lebih besar dari pada ikatan plastik dan bila itu tlah terjadi maka sambung susu tanaman harus di potong dari batang utama dan di lepas tali pengikat kmudian dapat langsung aja tanam dilahan yang telah di persiapkan dan ingat saat musim kemarau polibag batang bawah harus di siram karena akar masih membutuhkan air dan nutrisi maka dari itu jagan sampai kekeringan karena akan berakibat matinya batang bawah, jika mati batang bawah maka gagal sambung susu yg kita kerjakan.

Video cara sambung susu tanaman buah mangga

Untuk anda para pembaca yang masih kurang jelas atau belum mempunyai gambaran pada artikel yang telah kami jabarkan diatas, anda dapat lebih jelas jika anda tonton video tentang cara sambung susu pada pohon mangga berikut ini :

Untuk hasil dari sambung susu pohon mangga dapat anda tonton dibawah ini :

Demikianlah pembahasan kita kali ini, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat dan tambahan ilmu wawasan bagi para pembaca semua tentang cara memperbaiki mutu tanaman agar menjadi lebih unggul dan berkualitas. Nah bagi anda ingin mencoba teknik ini, selamat mencoba dan semoga berhasil, sampai ketemu lagi pada pembahasan artikel lainya.

2 thoughts on “Cara Sambung Susu Tanaman Agar Cepat Berhasil

  1. Assalamu’alaikum wr wb, terimakasih sehingga saya bisa melakukannya dengan benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *