Cara Sambung Susu Mangga Agar Berhasil Lakukan langkah ini !!

Posted on 4 views

Cara Sambung Susu Mangga – Dalam perkembangan pertanian saat ini banyak hal yang belum kita tahu tentang cara memperbaiki mutu tanaman karena cara tersebut kurang efektif.

Dalam memperbaiki mutu tanaman atau memang cara itu dirahasiakan oleh para pembisnis tanaman, bisa juga karena alat-alat yang digunakan tidak ada di masyarakat umum seperti di laboratorium.

Yang akan kami bahas disini adalah cara memperbaiki mutu tanaman dengan cara yang mudah agar setiap orang mampu melakukan teknik perbaikan mutu tanaman ini.

Teknik memperbaiki mutu tanaman kali ini yang akan kita coba adalah tentang bagaimana cara sambung susu mangga agar berhasil.

Setiap teknik dalam memperbaiki mutu tanaman dengan cara sambung susu mempunyai kelemahan dan kelebihan dan kita akan membahas tentang kelebihan dan juga kekuranganya, nanti kalian para pembaca yang akan menyimpulkan, akan pakai teknik sambung susu ini atau tidak. Baik langsung saja ke pokok pembahasan.

Kelebihan Cara Sambung Susu Mangga

  • Pelaksanannya sangat mudah untuk para pemula sangat cocok
  • Sambungan akan mudah terbentuk karena masih mendapatkan asupan nutrisi dari dua tanaman
  • Mengunakan alat dan sederhana atau mudah didapatkan.
  • Persentase keberhasilan sangat besar.

Kekurangan Cara Sambung Susu Mangga

  • Tidak bisa menghasilkan bibit dengan jumlah yang banyak.
  • Besar kecil hasil bibit akan berbeda-beda.
  • Tanaman induk akan rusak jika terlalu banyak dicangkok susu

Sebelum melakukan sambung susu ini alangkah baiknya jika kita tahu baik buruknya terlebih dahulu. Tetapi jika hanya kita gunakan untuk hobi dan kebutuhan akan bibit tidak banyak ini sangat di rekomendasikan juga untuk para pemula, ini sangat cocok karena mudah dan tingkat keberhasilan sangat tinggi.

Jika memang ingin untuk melakukan cara sambung susu mangga ini maka hal pertama yang harus mempersiapkan alat  dan bahan terlebih dahulu, yaitu :

Alat yang digunakan antara lain :

  • Pisau /cuter
  • Plastik okulasi
  • Tali raffia

Bahan yang dihunakan antara lain :

  • Tanaman induk pohon mangga yang berkulitas untuk dijadikan tanaman atas.
  • Tanaman yang tumbuh dari biji yang di tanam di polibag, tanaman ini digunakan untuk tanaman bawah, dan jangan terlalu besar polibagnya, karena nantinya akan digantungkan pada tanaman induk. jika terlalu besar di takutkan pohon akan patah atau jika jatuh akan bahaya juga..hehehe.

Langkah-langkah Cara Sambung Susu Pohon Mangga

Untuk dapat melakukan cara sambung susu mangga agar berhasil, sebaiknya perhatikan dan ikutilah beberapa langkah berikut ini :

  1. Carilah batang tanaman mangga yang berkualitas untuk dijadikan indukan, kemudian tentukan batang yang cocok. Maksudnya cocok yaitu dari segi besarnya harus sama atau kesesuaian besarnya.

  2. Setelah menentukan batang utama maka ambilah tanaman yang akan dijadikan batang bawah dan langsung saja pegang itu pisau lalu potong saja pohon di polibag, potong kira-kira setingi 20 cm.

  3. Setelah terpotong, iris miring dari bawah ke atas  panjang irisan kira-kira 8 cm setelah selesai disisi satunya lanjut irisan ke sebalahnya yaitu pengirisan hanya kira-kira 3 cm. Jadi satu batang diiris kanan dan kiri tapi berbeda panjangnya.

  4. Lanjut ke pengirisan ke batang utama. Ingat pengirisan kebatang utama tidak sama dengan batang bawah. Cara Pengirisan batang utama yaitu dari bawah ke atas dan panjang pengirisan disamakan dengan panjang irisan batang bawah yaitu 8 cm tapi untuk batang utama pengirisan yang di lakukan hanya setengah dari diameter lingkar batang, pengirisan tidak boleh sampai memotong batang.

  5. Setelah batang utama dan batang bawah selesai pengirisanya, kemudian sisipkan batang bawah ke tengah-tengah belahan batang pohon utama, ingat untuk sisi yang panjang di tempelkan ke bagian dalam batang utama dan yang pendek disisi yang luar.Guna diiris agak panjang agar nantinya jika sudah selesai penyembuhan luka dan sudah menyatu akan kuat menahan beban batang dan daun diatasnya, dan guna sisi luar ikut diiris adalah supaya batang bisa melakukan penyembuhan melalui jaringan kulit.

  6. Setelah kedua tanaman disatukan, baru kemudian diikat mengunakan plastik okulasi atau plastik biasa yang di tarik hingga panjang, dalam pengikatan harus kuat tapi tidak boleh terlalu kuat, agar batang tidak terluka.

  7. Setelah kira-kira satu bulan akan terlihat dua batang selesai dalam proses penyembuhan luka. Maka setelah terlihat seperti itu berarti tanaman sudah siap untuk di potong dengan pohon indukan dan sudah siap pula untuk ditanam di lahan pertanian.

Video Cara Sambung Susu Pohon Mangga

Bagi anda yang masih kurang paham terhadap artikel yang telah kami bahas diatas, lihatlah video berikut ini agar anda mendapat gambaran bagaimana cara melakukan sambung susu pada tanaman mangga.

Untuk hasilnya silahkan tonton video dibawah ini :

Demikianlah 7 langkah cara sambung susu mangga agar berhasil, untuk informasi lainnya silahkan kunjungi website kami di www.tutorialtanaman.com, salam kami dari tutorial tanaman semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *