Cara Penyerbukan Buah Naga | Panduan Cara Mengawinkan Buah Naga

Posted on 9 views

Cara penyerbukan buah naga secara manual – Buah naga merupakan salah satu buah yang berasal dari daerah Amerika dan Mexsiko, buah yang termasuk dari tanaman kaktus yang batang dan daun menjadi satu. Pohon ini terdiri akar serabut, batang sama menjadi daun, duri, bunga dan buah. Nah pada kesempatan kali ini izinkanlah kami membahas tentang buah naga dari manfaat, jenis buah naga, cara menanam buah naga, cara penyerbukan buah naga, hingga video cara mengawinkan buah naga. Yuk kita bahas bersama-sama.

cara penyerbukan buah naga

A. Manfaat Buah Naga

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga khususnya bagi kesehatan antara lain yaitu :

  1. Untuk menghilangkan kolestrol karena mengandung kandungan B3
  2. Menguatkan tulang karena banyak mengandug kalsium dan fosfor
  3. Banyak mengandung anti oksidant jadi bisa mencegah penyakit kanker.
  4. Menjaga daya tahan tubuh karena banyak menganfung vitamin C
  5. Rendah gula jadi mampu menangulangi penyakit diabet dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Mungkin dengan mengetahui manfaat maka akan meningkatkan semangat kita dalam menanam tanaman ini. Bagaimana cara menanam buah naga ini?, baca terus artikel ini ya!!

Cara tanam sangat mudah karena hanya dengan stek batang maka kita sudah bisa memiliki tanaman ini.

B. Jenis-jenis Tanaman Buah Naga

Ada beberapa jenis tanaman buah naga di lihat dari warna buahnya antara lain yaitu :

  1. Dalamnya merah memiliki tanaman yang seperti ada tepung warna putih kehijauan
  2. Buah yang dalamnya putih dan kuning maka pohonya akan memiliki warna hijau mengkilap

Pohon ini mudah menyesuaikan dengan tempat hidup jadi sangat mudah hidup di daerah yang beragam iklim dan tanah. Hanya saja jika ingin hasil yang bagus cocoknya di daerah yang sinar mataharinya banyak. Karena jika kurang terkena sinar matahari, maka akan hidup tapi buah tidak keluar.

C. Cara Menanam Buah Naga

Cara tanam sangat mudah hanya dengan membuat lubang kurang 50×50×50 cm dan membuat penyanga untuk menempelnya pohon buah naga yang akan kita tanam. Satu penyanga bisa buat 3-4 pohon.

Tutup lubang dengan campuran tanah dan pupuk bisa 2:1 kemudian penyanga ditegakkan usahakan yang kuat bisa dengan semen cor. Jika dengan semen cor maka campuranya harus bagus jika kurang semen pasti akan rubuh karena akar kaktus yang menempel pada penyangga akan menyerap air dan unsur lain di penyangga jadi akan rapuh lama kelamaan.

Ada pilihan lain mengunakan tanaman hidup, Maka gunakanlah tanaman yang kuat dari kerapukan dan jika tanam penyaga itu hidup maka  tidak rimbun.

cara penyerbukan buah naga

Jika penyangga tidak kuat saat sudah banyak cabang maka akan roboh dan sulit untuk menegakkanya. Dan jika tanaman penyanga hidup dan rimbun akan menghalangi sinar matahari menyinari tanaman buah naga dan berakibat tidak mengeluarkan buah dan hanya tumbuh terus.

Dari manfaat dan cara menanam sudah, sekarang bagaimana saat buah naga berbunga agar bunga bisa menjadi buah bukan cuma keindahan yang didapat tapi juga bisa petik buah yang bermanfaat

Untuk mendapat buah yang berkualitas baik dan sehat, maka pohon harus di pupuk dengan pupuk kandang dan dibersihkan dari rumput penganggu supaya sari makanan terserap sempurna ke pohon buah naga

Tanaman pun saat akan berbunga biasanya juga ikut bertunas atau nama lain tunas itu adalah tunas air. Maka tunas air ini harus di potong supaya tidak merebut sari makanan untuk pembuahan. sisakan 2-3 tunas air untuk mengganti tanaman yang memang sudah tidak produktif lagi karena sudah tua.

D. Cara Penyerbukan Buah Naga Secara Manual

Cara mengawinkan buah naga atau sering disebut dengan proses penyerbukan buah naga sebenarnya ada dua cara yaitu secara alami dan dan secara buatan yaitu dengan cara manual atau dengan bantuan manusia.

Dilihat dari bentuk bunga buah naga maka sulit bunga buah naga ini untuk menyerbukan diri sendiri secara alami. Karena kepala putik dan benang sari jaraknya agak terlampau jauh jadi sulit untuk  bertemu, oleh karena itu harus dilakukan cara penyerbukan buah naga secara manual.

Di lihat dari kesulitan penyerbukan bunga buah naga secara alami tersebut maka kira harus menyatukan serbuk sari ke kepala putik dengan cara penyerbukan buah naga dengan bantuan manusia.

cara penyerbukan buah naga

Setelah kira-kira 6 bulan dari penanaman atau bisa kurang bisa lebih tergantung kesuburan, cuaca, sinar matahari dan batang yang di jadikan bibit. Dalam kisaran waktu itu akan muncul bakal bunga yang tumbuh dari bawah duri.

Setelah bakal bunga itu tumbuh maka dalam waktu kurang lebih 5-6hari akan mekar dan waktu mekar pada malam hari setelah matahari terbenam atau saat gelap.

Dan saat mekar sempurnalah waktu yang tepat untuk memulai langkahnya penyerbukan ambil kuas dan bekas botol air meneral yang telah di potong tadi.

E. Langkah-langkah Cara Penyerbukan Buah Naga

Berikut merupakan langkah-langkah cara penyerbukan buah naga yang benar dan mudah untuk dipraktekkan, yaitu :

  1. Letakan irisan botol air mineral di bawah dari benang sari.
  2. Ambil kuas sapukan ke benang sari dengan hati-hati hingga serbuk sari berjatuhan diirisan botol.
  3. Setelah mendapat serbuk sari diirisan botol bekas, maka ambil kuas dan ambil serbuk sari dengan ujung kuas dengan hati-hati supaya tidak rusak.
  4. Setelah terdapat serbuk sari di ujung kuas barulah kita sapukan di atas kepala putik ingat jangan sampe merusak kepala putik makanya harus hati-hati.
  5. Setelah dirasa cukup atau kepala putik sudah terlumuri benang sari maka tingal menunggu apakah bunga yang di serbukan jadi atau gagal.

Gagal dan tidaknya dapat keliatan kurang lebih 3-5 hari jika bakal buah berwarna kuning, maka kita gagal dan jika bakal buah berwarna hijau, maka kita tunggu lagi sampai benar-benar masak artinya itu penyerbukan berhasil.

Dan akhirnya dimana saat buah bunga naga berhasil masak disaat itulah kita akan memiliki kenikmatan tersendiri.

F. Video Cara Penyerbukan Buah Naga

Untuk anda yang masih kurang jelas dan mengerti terhadap artikel yang telah kami diatas, silahkan tonton video cara penyerbukan pada buah naga ini, semoga dapat memberikan sedikit gambaran untuk anda.

Atau dapat juga anda tonton video di bawah ini :

Demikian sedikit pembahasan kami tentang artikel cara penyerbukan buah naga. Mungkin juga banyak kekurangan di sana sini, maka kami perlunya masukan dari para pembaca yang baik hati untuk menuliskan kekurangan yang ada pada artikel ini. Terima kasih dari kami semoga dapat bermanfaat. Jika anda ingin membaca artikel kami lainnya silahkan kunjungi website kami tutorial tanaman (dot) com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *