Cara Okulasi Tanaman Jambu Biji Agar Berhasil

Posted on 5 views

Cara okulasi tanaman jambu biji agar berhasil – Di masa saat ini dengan banyaknya aktifitas dan hiruk pikuk kehidupan maka kita melupakan akan penting nya tanaman untuk kehidupan, dan juga melupakan satu hal yang sangat penting yaitu kebutuhan tentang vitamin.

Untuk mendapatkan manfaat lebih dari pohon maka perlunya menanam tanamn buah. Untuk menciptakan suatu tanaman yang berkualitas tersebut, ada banyak cara dan ragam yang dapat di tempuh diantara seperti sambung, toping, cangkok, stek, okulasi dan masih banyak lagi.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara memperbaiki mutu sebuah tanaman dengan cara okulasi tanaman jambu biji.

Baca juga artikel kami lainnya disini

Manfaat Buah Jambu Biji

Buah jambu adalah buah yang memiliki banyak sekali mannfaatnya bahkan vitamin c yang terkandung dalam buah jambu lebih tinggi dari buah jeruk.

Sehinga mampu menangkal radikal bebas, mengandung asam folat baik bagi wanita hamil, mencegah kanker, mengandung vitamin A, dan manfaat lain juga bisa memperbanyak sel darah merah karenanya sangat di rekomendasikan pada orang yang sedang proses penyebuhaan demam berdarah. Dan masih banyak lagi manfaat dari buah jambu ini. jika di bahas secara rinci mungkin judulnya akan ganti jadi “manfaat buah jambu biji”hehe

Dengan begitu banyaknya maanfaat buah jambu biji alangkah ruginya jika ada lahan yang kosong tidak di tanami pohon buah jambu ini.

Persiapan Sebelum Okulasi Jambu

Untuk menkondisikan pohon buah jambu yang biasanya cepat tumbuh tinggi agar cocok di tanam di pekarangan rumah,  maka perlu di modifikasi supaya tanaman dengan pohon yang kecil bisa berbuah seperti tanaman dewasa.

Modifikasi tanaman yang cocok untuk tanaman buah jambu agar menjadi tanaman yang dengan pohon kecil namun sudah berbuah seperti dewasa adalah menempel atau sering disebut dengan istilah okulasi jambu.

A. Persiapan Peralatan

Untuk melakukan cara okulasi tanaman jambu biji ini ada berbagai hal yang perlu di persiapkan seperti mental dan keimanan.. “Bercanda. haha” Persiapan untuk melakukan teknik okulasi antara lain kemauan..hahahaha damai boossss

Alat yang di persiapkan antara lain:

  1. Pisau okulasi atau cuter. harus yang tajam dan seteril.
  2. Plastik okulasi atau plastik biasa yang di tarik hinga panjang dan tipis.

B. Persiapan batang bawah

Dan yang selanjutnya persiapkan bibit buah jambu yang tumbuh dari biji yang memiliki perakaran yang kuat. jika ada ambilah bibit yang berasal dari pohon sekitar daerah situ, maksutnya diambil dari pohon sekitar adalah pohon tersebut sudah mampu beradaptasi jadi lebih mudah hidup.

Besar dan kecilnya batang bawah untuk diokulasi bisa bervariasi tapi jangan terlalu kecil karena nantinya akan sulit dikelupas kulitnya, sebelum dilakukan pengokulasian alangkah baiknya agar tanaman dipupuk supaya kambium pada tanaman tetsebut aktif yang akan memudahkan pengelupasan kulit.

C. Pencarian entres yang baik

Kemudian carilah entres yang berasal dari tanaman yang memiliki buah yang banyak, enak juga tahan terhadap hama.

Cara mencari entres tanaman pohon jambu adalah cari yang belum muncul mata tunasnya karena mata tunas pohon jambu sangat rapuh dan mudah patah. carilah entres yang tidak pada masa dorman yaitu dimana masa tanaman sedang tidur jadi tidak akan bertunas saat tanaman sedang keadaan dormansi tersebut.

Langkah-langkah Cara Okulasi Tanaman Jambu Biji

Setelah tanaman dan alat dipersiapakan barulah lakukan tujuan untuk mengokulasi tanaman buah jambu tersebut, lakukan dengan hati-hati dan juga cekatan. Langkah atau urutan cara okulasi tanaman jambu biji adalah sebagai berikut :

  1. Sayat kulit tanaman yang di gunakan sebagai batang bawah. Panjang sayatan kira-kira 5 cm dengan lebar sayatan bisa di sesuaikan dengn batang.
  2. Lanjut ke entres, lakukan pengelupasan kulit dari kayunya dengan panjang sama dengan sayatan yang dilakukan yang pertama lebar juga sama dengan lebar batang bawah. Ini di lakukan harus dengan hati hati jangan sampai kulit kelupasan memar, tekoyak, dan robek karena itu akan menyebabkan keggalan Teknik okulasi yang di lakukan
  3. Lanjut ke penempelan antara batang bawah atau sayatan yang dilakukan tadi dengan kulit kelupasan yang kita lakukan tadi, usahakan pas antara panjang dan lebar sayatan dengan panjang dan lebar potongan entres atau mata tunas.
  4. Laanjut lagi ke pengikatan, pengikatan harus dilakukan dengan perasaan..hehe maksudnya tidah boleh terlalu kuat juga tidak boleh terlalu longgar.Jika terlalu kuat tanaman akan terluka jika terlalu longgar kulit tidak melekat sempurna pada batang dan juga air akan mudah masuk, harus di rasa kekuatanya dan di pastikan kulit melekat sempurna dengan batang dan air juga tidak bisa masuk.
  5. Langkah selanjutnya yaitu perawatan, rawatlah seperti tanaman pada umumnya di siram jika kekurangan air dan bersihkan tempat hidup dari rumput-rumput yang ikut menyerap sari makan dari tanah tempat batang bawah tanaman jambu yang kita perbaiki mutunya.

Setelah semua di jalankan dengan cermat, hati hati, teliti dan seksama barulah tiba menunggu saat mendebarkan saat nantinya hal yang di kerjakan akan tumbuh atau mati.. hehe

Video Cara Okulasi Tanaman Jambu Biji

Untuk anda yang masih merasa kurang paham terhadap artikel yang telah kami tulis diatas, lihatlah video berikut agar dapat gambaran bagaimana cara melakukan okulasi pada tanaman jambu biji.

Dan juga anda dapat tonton video lainya dibawah ini

Demikian sedikit arrikel tentang cara okulasi tanaman jambu biji semoga dapat bermanfaat bagi anda salam dari kami tutorial tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *