Cara Okulasi Mangga Yang Benar

5 views

Cara Okulasi Mangga Yang Benar – Pohon mangga yang banyak di budidayakan saat ini sudah di modifikasi atau sudah melewati proses perbaikan mutu tanaman, karena jika tidak di modifikasi, maka tanaman mangga yang berasal dari biji tidak bisa di pastikan seperti apa hasil buahnya, karena dari satu pohon mangga akan menghasilkan beragam jenis bibit mangga jika bibit yang di perbanyak dengan biji.

Lain halnya jika perbanyakan bibit menggunakan pucuk atau entres dari tanaman induk pohon mangga, maka bibit perbanyakan tersebut akan sama dengan yang digunakan sebagai batang atas atau entres. Sama dari segi kualitas dan kuantitas buah yang dihasilkan.

Karena kebaikan yang dimiliki dari okulasi atau tempel pohon mangga ini sangat baik jika di praktekan pada tanaman yang berasal dari biji, bisa juga diaplikasikan pada tanaman yang telah tumbuh besar.

Hanya saja sedikit berbeda penempelan atau okulasi pada tanaman yang telah tumbuh dewasa dengan penempelan atau okulasi saat tanaman masih kecil perbedaan cara tersebut hanya  karena pebedaan ketebalan kulit dan besar batang pada tanaman, kemudian menyebabkan perbedaan caranya.

Baca juga pembahasan artikel kami lainnya disini

Tips Memilih Entres Dan Batang Bawah Untuk Okulasi

Untuk melakukan perbaikan mutu tanaman  pentingnya entres atau mata tunas yang di gunakan maka harus dapat memilih entres yang baik agar tanaman yang tumbuh kelak akan menjadi tanaman yang berkualitas baik dari segi buah dan juga pohonnya, maksud pohon berkualitas adalah pohon yang tumbuh kelak tahan terhadap hama tanaman dan adaktif atau mampu bertahan terhadap perubahan cuaca yang berubah ubah.

Batang bawah pun tidak sembarangan dalam memilih harus yang berkualitas baik, maksudnya batang bawah yang berkulitas baik adalah akar mampu tumbuh kuat untuk menopang tanaman yang berada diatasnya, harus bisa bertahan dalam keadaan kekurangan air dan harus mampu pula bertahan saat air terlalu banyak.

Jika tanaman yang dipilih tumbuh dari biji di polibang, maka pilihlah yang memiliki batang yang kelihatan tegak dan tumbuh normal sesuai dengan umurnya, daunnya hijau segar tidak sedang rontok dan untuk akar usahakan tau betul masih ada akar tunggangnya. karena ini sangat berguna untuk kekuatan pohon saat tumbuh besar dan akar ini juga nantinya mampu menembus tanah yang dalam untuk mencari sumber air saat kekeringan atau sumber air di permukaan tanah sedang tidak ada.

Peralatan yang dibutuhkan untuk Okulasi Mangga

Setelah pencarian entres atau mata tunas telah memenuhi syarat saatnya untuk praktik okulasi atau menempel, namun sebelumnya persiapkan dulu peralatan yang perlukan antara lain yaitu :

  1. Pisau okulasi atau cuter atau silet apapun alatnya harus seteril dan juga bersih.

  2. Plastik okulasi banyak dijual di toko-toko pertanian, bisa juga mengunakan plastik biasa atau plastik es lilin tapi harus ditarik agar menjadi tipis dan panjang agar mudah dalam pengikatan nantinya.

  3. Plastik untuk cungkup atau bisa juga digunakan plastik es lilin.

Saatnya praktek perbaikan mutu tanaman mangga dengan cara okulasi atau tempel tanaman yang tumbuh yang ada di polibang dulu saja untuk tanaman yang sudah tumbuh besar di lahan,  jika memang di perlukan maka tulis pada kolom komentar, paksa penulis untuk menuliskan cara okulasi tanaman yang telah tumbuh besar.

Langkah-langkah Cara Okulasi Mangga Yang Benar

Untuk dapat mempraktekkan cara okulasi mangga yang benar, baik dan berhasil maka ikutilah langkah-langkah yang akan kami bahas dibawah ini, tetapi ingat sebelum melakukan okulasi mangga, jangan lupa berdoa dan cuci tangan agar tangan juga bersih dan seteril. Adapun tahap-tahapnya yaitu :

  1. Ambil entres pada tanaman yang telah d pilih baik kuliatasnya. Kemudian menuju ke batang bawah yang telah dan pilih kira-kira besar batang d polibag sebesar jari, bisa lebih kecil bisa juga lebih besar intinya tanaman sebagai batang bawah telah berkayu jadi bisa di kelupas kulitnya.

  2. Ambil dan taruh ke tempat yang teduh agar tidak kepanasan dan biar ngak hitam kulit yang sedang melakukan praktek ini. hahaha

  3. Setelah tempat yang di pilih telah nyaman jangan tidur tapi praktek dulu teknik okulasi atau menempel tanaman pohon mangga ini, jika telah selesai bolehlah jika ingin tidur..hehemmm.

  4. Pegang tanaman yang ada di polibang iris batang kira-kira setinggi 12 cm dan di sayat kira-kira selebar 1 cm. Setelah disayat jangan ditarik atau jagan di kelupas dulu, tunggu entris dipisahkan dari kayunya. Tujuan tidak di kelupas adalah agar kambium tidak kering karena kambium sangat berperan penting dalam perekatan entres dan batang dan berguna juga dalam penyembuhan luka.

  5. Setelah itu iris entres yang akan kita gunakan, irisan dan sayatan entres sepanjang dan selebar sama dengan sayatan dan irisan batang bawah yang telah dilakukan tadi.

  6. Setelah itu saat mengelupas kulit mata tunas atau entres tersebut harus sangat berhati hati tidak boleh memar dan terkoyak karena akan berakibat fatal. Alat juga harus di perhatikan harus bersih dan seteril karena habis di gunakan untuk menyayat dan mengiris, ditakutkan ada sisa sisa kulit yang menempel di pisau okulasi dan sisa-sisa kotoran akan menempel diantara kulit mata tunas dan batang yang akan menyebabkan busuk jika ikut masuk.

  7. Setelah entres diiris dan dikelupas dari batang maka setelah itu kelupas batang bawah yang telah kita kerat tadi tarik ke bawah baru kemudian tempelkan entres ke batang bawah satu penempelan maksudnya jangan di geser-geser setelah penempelan karena akan melukai kambium.

  8. Setelah penempelan baru lakukan pengikatan mengunakan plastik okulasi, dalam pengikatan harus rapat agar air tidak bisa masuk karena jika masuk akan menyebabkan entres busuk.

  9. Pengikatan harus kuat agar tidak ada rongga udara yang terperangkap diantara entres dan batang bawah. Jika ada udara yang terperangkap maka akan menyebabkan kelembapan dan akan terkumpulnya air yang akan menyebabkan ebtres busuk juga.

  10. Pengikatan juga tidak boleh terlalu kuat karena jika terlalu kuat akan menyebabkan kambium lebab dan akan sulit melakukan penyembuhan luka atau sulitnya menempel yang parahnya akan berakibat keringnya mata tunas

  11. Dan setelah selesai semua tunggu kira-kira 3 minggu atau 21 hari maka akan terlihat hasilnya, jika memang berhasil, maka masih kelihatan hijau segar dan jika gagal maka akan terlihat hitam atau coklat tua.

  12. Lanjut jika berhasil maka bisa di potong batangnya di atas okulasi atau tempelan agar entres yang kita harapkan tumbuh tunasnya, dan setelah tumbuh sempurna rawatlah seperti merawat bayi. hehehe Maksudnya harus disiram, jika kekurangan air harus di pupuk jika kurang nutrisi dan jangan di siasiakan.

Video Cara Okulasi Mangga Yang Benar

Nah bagi para pembaca yang masih kurang paham terhadap artikel yang telah kami bahas diatas, silahkan lihat video dibawah ini, agar dapat gambaran bagaimana cara okulasi mangga yang baik benar.

Demikianlah artikel kami kali ini tentang cara okulasi mangga yang benar dan semoga bermanfaat sedikit tulisan ini salam dari kami tutorial tanaman.

2 thoughts on “Cara Okulasi Mangga Yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *