Cara Mencangkok Tanaman Agar Cepat Tumbuh Akar

7 views

Apa itu cangkok ? Dan bagaimana cara mencangkok tanaman agar cepat tumbuh akar ? Yuk kita bahas Bersama-sama dalam artikel ini. Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk memperbanyak maupun untuk mengembangbiakkan tanaman agar cepat menghasilkan buah, ukuran pohon tidak begitu tinggi, maka hal ini dapat kita lakukan dengan cara mencangkok tanaman. Cara cangkok ini mempunyai kelebihan maupun kekurangan, maka baca terus artikel ini ya..!

Mencangkok adalah cara memperbanyak tanaman dengan cara menumbuhkan akar dari batang yang bertujuan untuk memiliki kualitas tanaman yang dimiliki tanaman induk. Banyak diantara memperbanyak tanaman seperti dari biji atau okulasi tapi cangkoklah yang bisa menyerupai kualitas indukan hingga 99{5b762c6c4f83d30afdb263a63cda3522a1ffd3f7430ff643a88b91430a93b150}. Karena cangkok akan mirip seperti pohon induk.

Kriteria Tanaman Induk Yang Baik Untuk Di Cangkok

Sebelum cara cangkok tananam dilakukan, maka ada beberapa kriteria tanaman induk yang perlu diketahui yaitu :

  1. Indukan harus berkualitas baik
  2. Berbuah lebat, enak, besar dan banyak
  3. Bertahan terhadap serangan hama dari luar
  4. Sehat dan terbebas dari bibit penyakit

Setelah kriteria tanaman induk sudah didapatkan barulah melakukan cangkok ini. Dalam melakukan cara mencangkok tanaman ini usahakan pada musim penghujan agar nantinya akar yang tumbuh pada batang bisa tumbuh sempurna dan tidak repot-repot menyiram cangkokan,

Karena saat akar mulai tumbuh akan membutuhkan air, jika tidak maka akar akan kering, meskipun batang tidak mati tapi jika akar kering dan mati maka cangkokan itu gagal juga namanya.

Peralatan Dan Bahan Untuk Mencangkok

Baiklah setelah semua penuhi sekarang pesiapkan alat dan bahan

  1. Pisau yg tajam
  2. Tali rafia
  3. Plastik lembaran
  4. Tanah yang gembur
  5. Pupuk kandang yang telah selesai masa pembusukan atau dengan kata lain pupuk jadi.
  6. Air sedikit saja jika tanah dan pupuk kering.
  7. Batang sebesar jari kelingking dari pohon pilihan.bisa lebih besar atau tergantung selera tetapi jagan terlalu kecil karena akan menahan beban cangkokan ditakutkan akan patah.

Sebelum ke praktek campur dulu tanah dan pupuk kandang perbandingan 1:1 dengan catatan pupuk yang di gunakan pupuk yang telah jadi dan air sedikit saja dikira2 tanah menjadi basah tapi jangan sampai terlalu basah karena di campur air hanya untuk menjaga tanah agar terjaga kelembapannya.

Bagimana Cara Mencangkok Tanaman ? Inilah langkah-langkahnya

Setelah tanah siap baru cari batang yang cocok dan pas juga posisi yang mudah untuk kita kerjakan cara cangkok ini.
Kemudian kita urutkan saja biar mudah diingat dan dibaca

  1. Kerat batang kira kira panjang 3-5cm setelah dikerat
  2. Kelupas kulit dari batang
  3. Dikerok batang yang telah dikelupas tadi, pengerokan harus benar benar menghilangkan kambium yang menempel pada kayu. Tujuan pengerokan supaya kulit tidak pulih kembali karena jika kulit pulih kembali makan akar tidak akan muncul dan cangkokan di pastikan akan gagal.
  4. Ikatlah menggunakan plastik lembaran di bawah batang yang kita kerok tadi ikat yang pertama dari bawah
  5. Setelah di ikat pada sisi bawah isilah plastik yang telah di ikat mengunakan campuran tanah dan pupuk kandang
  6. Isilah sampai benar benar penuh dan padatkan tapi jangan tetlalu padat agar akar nantinya bisa menembusnya cukup seperlunya karena hanya untuk menghilangkan kelebihan ronga-rongga angin di campuran tanah dan pupuk tadi.
  7. Setelah penuh barulah ikat di bagian atas
  8. Jangan lupa di beri lubang setelah ikatan cangkokan telah sempurna jadi. Tujuan pemberian lubang agar saat tumbuh akar mudah untuk menyiramnya karena saat akar telah tumbuh akar membutuhkan kelembaban untuk hidup.
  9. Tunggulah kira kira 3 bulan bisa lebih lama atau bisa lebih cepat Akar yang telah tumbuh akan keliatan di lubang-lubang kita buat untuk masuknya air di atas.

Jika memang sudah keliatan akarnya bisa dilihat sudah siap diturunkan dan dijadikan bitit baru belum, bisa dengan membuka pengikat plastik yang ada diatas dengan hati-hati agar tanah tidak hancur karena jika hancur akar akan banyak yang putus dan akan mengurangi kesempurnaan keberhasilan. Buka dan lihat akar telah banyak atau baru sedikit jika masih sedikit tutup dan ikat lagi itu, dan anda masih harus bersabar.

Tapi jika sudah banyak dan kelihatan sudah tua maka bisa dipotong dan diturunkan Jika ingin langsung ditanam di area penanaman bisa saja di lakukan tapi harus diberi peneduh dan di siram setiap hari jika pada musim kemarau karena saat penurunan, akar masih sekepalan jadi tidak mampu mencari air dan unsur unsur hara dalam tanah, jadi masih membutuhkan campur tangan manusia.

Dan saat besar pun akan rentan terhadap kekeringan karena tidak memiliki akar tungang karena akar tunganglah yang akan mencari air di dalam tanah saat musim kemarau. dan itulah yang menjadi salah satu kelemahan perbanyakan tanaman dengan cara cangkok. Meski demikian cangkok tetap menjadi pilihan dalam perbanyakan tanaman buah.

Video Cara Mencangkok Tanaman Pohon Klengkeng

Nah bagi para pembaca yang masih kurang jelas terhadap artikel yang telah kami bahas diatas. lihat gambar berikut ini agar anda dapat gambaran bagaimana cara melakukan cangkok tanaman yang baik.

Untuk hasil dari cangkok tanaman kelengkeng tersebut, bisa anda lihat video di bawah ini

Demikianlah sedikit pembahasan kami tentang cara mencangkok tanaman, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya, selamat mencoba dan salam sukses selalu buat anda!!

2 thoughts on “Cara Mencangkok Tanaman Agar Cepat Tumbuh Akar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *