Cara Mencangkok Tanaman Di Musim Kemarau Agar Berhasil

Posted on 9 views

Cara Mencangkok Tanaman Di Musim Kemarau – Dalam melakukan teknik perbanyakan tanaman pasti ada halangan seperti musim, Musim penghujan dan musim kemarau. Jika musim penghujan maka drainase harus lancar, bila tidak maka akar akan busuk karena tergenang air dan saat musim kemarau maka harus ada penyiraman. Bila tidak maka akan mati karena kekurangan air.

Saat melakukan perbanyakan tanaman dengan cara menyangkok, pasti dihadapkan pada pertanyaan ini.
Bagai mana jika cangkokan sudah tumbuh akar yang baru sedikit datang musim kemarau?, Yang ada dipikiran kita yaitu :

  • Jika dipotong dan ditanam pasti belum bisa hidup karena akar baru sedikit
  • Jika tidak disiram cangkokan maka akar akan mati karena kekeringan
  • Jika disiram terus maka akan banyak menyita waktu

cara mencangkok tanaman di musim kemarau

Dengan adanya pertanyaaan itu maka jawabanya : “Harus di siram tapi tidak menyita waktu”.
Haaaaaa apa bisa ???
Nyuruh orang buat nyiram..hehe apa mauuu!!!!
Aq Mauuuuuuuu.. bila sekali siram 100.000..haxhaxhax

Tenang saja ada cara baru dalam mencangkok yang saat kemarau tanpa menyiram dan tanpa menyita waktu, cukup sekali buat bisa melewati musim kemarau tanpa repot menyiram tipa hari. Cara ini Kami beri judul cara mencangkok tanaman di musim kemarau. Gimana caranya ? mari simak artilel dibawah ini sampai selesai, jangan ada yang kelewatan, biar ngak gagal paham..hehe

A. Persiapan awal sebelum melakukan cara mencangkok tanaman di musim kemarau

Alat

  1. Pisau/ cuter
  2. Tali rafia
  3. Campuran tanah dan pupuk kandang perbandingan 1:1 atau beli ditoko pertanian media tanam
  4. Benang string atau benag dari bahan yang bisa menyerap air. Tapi jangan benang nilon karena tidak bisa menyerap air.
  5. Botol bekas air minum yang kecil aja biar cangkokan tidak berat.
  6. Botol bekas air minum yang besar untuk tempat air.

Cara mencari batang cangkokan

  1. Cari batang dari tanaman yang berkualitas baik/unggul.
  2. Batang tidak terserang penyakit
  3. Besar batang kira2 sebesar jari kelingking. Biar mudah nantinya memindahkan dan memotongnya
  4. Batang yang lurus dan mudah di jangkau agar memudahkan pengerjaan

B. Langkah-langkah cara mencangkok tanaman di musim kemarau

Berikut ini merupakan beberapa langkah-langkah cara mencangkok tanaman pada saat musim kemarau yang dapat anda ikuti yaitu :

Langkah 1 : Cangkokan mirip dengan cangkokan biasa.

Kupas kulit batang sepanjang 4cm kemudian kerok sampe kambium benar-benar hilang, jika kambium masih maka kulit akan terbentuk kembali dan cangkokan akan gagal.

Perbedaan di mulai dari sini, Ambil botol bekas air mineral kemudian di potong menjadi dua, beri lubang di bawah sebesar batang cangkokan, setelah itu belah keduanya, potongan botol air minum yang nantinya di taruh d atas beri lubang kecil untuk memasukan benang string. Dan botol yang bawah di beri sedik lubang juga untuk jaga-jaga jika ada air berlebihan masuk bisa terbuang karena jika terlalu banyk mka bisa menyebabkan busuk.

Langkah 2 : Pemasangan botol untuk cangkokan di bagian bawah

Masukan potongan botol yang satunya untuk di ikat di pohon, ikatan harus kuat agar tidak merosot nantinya. Botol bagian bawah (dasar botol) harus di bawah kelupasan batang.

Setelah botol terpasang masukan media tanam ke botol bawah, agak di padatkan jangan trlalu banyak ronga udara kemudian ikat dengan kuat.

Langkah 3 : Pemasangan botol Cangkok bagian atas

Ambil benang string kemudian potong sesuai jarak cangkokan dan tandon air ( penjelasan baca berikutnya) potong dengan jumlah 5 buah atau sesuai keinginan atau bisa juga d sesuaikan dengan besar cangkokan.

Masukan benag string ke botol yang tadi telah d beri lubang setelah itu ikat sampul tali di bagian dalam botol supaya nanti saat pemasukan media tali tidak terlepas.

Setelah benag string terpasang lanjut ke penempatan botol bagian atas ke batang cangkokan. Ketika sudah ada dibatang masukan media tanam secara perlahan sampai benar benar terisi penuh. Jika telah penuh maka ikatlah dengan kuat supaya tidak jatuh.

Langkah 4 : Persiapan tandon air

Lubangi dulu di bagian atas dari botol jika tali string berjumlah lima maka lubang berjumlah lima. Ikat dahulu botol dengan tali rafia atau tali apapun biar nanti saat mengikat pada pohon d atas cangkokan akan mudah.

Masukan semua benag string ke lubang yang telah d buat tadi , masukan benag sampe dasar botol biar jika debit air dalam botol turun benang string tidak mengantung.

Langkah 5 : Cara meletakan stok air.

Cara meletakkannya adalah d atas dari cangkokan tapi jangan sebatang dengan batang cangkokan karena lama2 batang yang d kelupas tidak akan tumbuh jadi bisa patah jika mendapat beban tambahan dari air.

cara mencangkok tanaman di musim kemarau

Tujuan penempatan botol air d atas adalah biar air mudah terserap ke media cangkokan jadi cagkokan tidak akan kekurangan air dan kelembapan akan terjaga supaya akar cepat tumbuh dan jika akar telah tumbuh tidak kering..

Ikatlah botol stock air d atas dekat dari cagkokan, ikatan harus kuat karena jika jatuh akan merontokan cangkokan yang telah d buat tadi karena saling bergandengan.

Langkah 6 : Pemotongan Cangkokan

Setelah semua cara di lakukan maka tinggal menunggu kira2 3 bulan maka akan terlihat akar yang tumbuh. Kemudian setelah tumbuh akar dan sudah terlihat penuh akar di cangkokan maka siap untuk di pindah di media tanam dilahan yang lebih luas.

cara mencangkok tanaman di musim kemarau

Bisa langsung di tanam tapi jangan langsung di biarkan tanpa peneduh karena akar belum siap menyerap dan menyuplai makanan dan pasti akan layu jika terik mtahari lagsung menyinari daun. Maka perlunya peneduh dan jangan sampai lupa menyiram setiap hari harus di siram jika sudah di lahan.

C. Video Cara Mencangkok Tanaman Di Musim Kemarau

Berikut ini merupakan praktek kami tentang melakukan cara mencangkok tanaman pada musim kemarau, mungkin dapat berguna bagi anda yang masih merasa bingung terhadap artikel yang telah kami jelaskan diatas, silahkan tonton videonya dibawah ini :

Untuk hasilnya silahkan tonton video di bawah ini :

Sampai disini artikel ini semoga bermanfaat jika masih ada banyak kekurangan bisa ditulis pada kolom komentar sebagai penyempurna dari cara mencangkok tanaman di musim kemarau.

Salam dari kami team Tutorial Tanaman dan anda dapat baca artikel lainnya kami di website resmi kami www.tutorialtanaman.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *