Cara Menanam Kelengkeng New Kristal | Budidaya Kelengkeng

Posted on 5 views

Cara Menanam Kelengkeng New Kristal – Kelengkeng ini merupakan jenis tanaman buah yang sangat istimewa karena kelengkeng new kristal atau kelengkeng kristal 2 ini penyempurnaan dari kelengkeng kristal jadi semua yang baik di kelengkeng kristal di pertahankan seperti dapat berbuah banyak.

Pertandannya kelengkeng kristal juga mampu beradaptasi dengan lingkungan, tetapi kelemahanya kristal atau mbahnya ini adalah buahnya kecil dan terlalu berair jadi kurang sempurna, jadi muncul kelengkeng new cristal sebagai penyempurnaanya.

Kemudian pohon ini mempunyai daun yang Lonjong menyempit panjang kira 19mm-24mm dengan lebar rata-rata 6mm-8mm warna hijau segar, tetapi tipis dan tidak seperti pada kelengkeng pada umumnya.

Selain itu juga mempunyai bentuk daun tidak tegak tapi agak ke bawah, di karenakan tipis. Jadi keunggulan karena kelenturannya mampu menahan angin dan cuaca. Daun tidak tegak tapi agak ke bawah di karenakan tipis namun ketipisan daun palah jadi keungulan karena kelenturannya mampu menahan angin dan curah hujan.

Pohon dengan ranting yang kokoh berwarna cokelat tua jika sudah tua, cokelat muda jika masih muda dan pucuk ranting muda berwarna hijau cabang akan menyebar ke atas dan sisi samping.

Keunggulan Kelengkeng New Kristal

  • Memiliki buah yang manis, daging buahnya juga tebal, daging buahnya putih bening juga renyah memiliki biji yang kecil, air dalam daging buahnya sedikit dan jumlah buahnya banyak bisa mencapai 3-4kg pertangkai, besar buah bisa sampe 3,5cm.
  • Bunga dari pohon ini juga mampu menahan terhadap terpaan air hujan dan angin menjadikan kelenkeng new kristal ini bakal calon buahnya atau bunganya dapat sempurna dibuahi sehingga pertanda mampu berbuah banyak.
  • Pohon new cristal ini mempunyai perakaran yang kuat karena memiliki akar tungang.
  • Tempat hidup pohon ini adalah dataran tinggi tapi mampu hidup di dataran rendah degan kira-kira mampu hidup di antara 400-1.200mdpl dengan perlakuan khusus dalam membuahkan pohon ini dengan cara memberi boster dan dapat hidup dalam curah hujan l.000-3.000mm pertahun.

Dari beberapa keunggulan yang telah kami bahas diatas, Untuk cara menanam kelengkeng new kristal ini pun bisa kami katakan mudah, karena jika kita menanam dari bibit, maka akan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Manfaat Pohon Kelengkeng New Kristal

  • Mudah beradaptasi sehinga akan menurunkan cos pengeluaran untuk perawatan
  • Akan menghasilkan buah yang banyak besar juga enak
  • Buah kelengkeng jenis new kristal ini juga mahal. Jadi dari pada buat beli buahnya mending buat beli bibitnya usaha sedikit menghasilkan keuntungan yang berlipat-lipat..hehe

Pebedaan dengan kelengkeng jenis lain Kelengkeng new ctistal ini memiliki daun yang tipis, sedangkan kelengkeng lain biasanya daunya agak lebar.

Cara Menanam Kelengkeng New Kristal

Untuk cara menanam kelengkeng new kristal ini mudah karena pohon ini mudah beradaptasi dengan baik. Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan untuk menanam pohon ini.

  1. Siapkan lubang tanam yang berukuran 1m×1m dengan dalam 80 cm atau bisa disesuaikan dengan tanah di daerah masing-masing. Jika didaerah yang tanahnya sudah gembur bisa lebih di kecilkan tetapi jika di tanah yang tandus atau tanah wadas bisa di perlebar dan perdalam.
  2. Setelah  lubang digali kemudian diberi pupuk kandang dan juga dedaunan dan tanah galian jangan di buang karena untuk nanti buat menutup kembali. Setelah dicampur dengan pupuk kandang perbandingan bisa 5:1. Tetapi untuk pupuk kandang yang sudah jadi, maksudnya pupuk kandang yang sudah lama atau sudah terurai bukan yang baru, karena jika mengunakan pupuk yang baru akan berakibat matinya pohon.
  3. Namun jika tanah yang kita tanami adalah tanah wadas, maka kita harus membuat media tanam khusus yaitu antara tanah dan pupuk di tambah sekam dengan perbandingan 1:1:1. Pupuk yang digunakan adalah pupuk yang sudah jadi atau sudah tidak dalam masa pembusukan, yang di tandai dengan aroma yang tidak menyengat warna coklat kehitaman sudah remah atau tidak menggumpal dan bila dilarutkan ke air tidak keruh.
  4. Kemudian sekam yang di gunakan adalah sekam yang sudah lama yang warnanya sudah coklat tua karena jika sekam baru masih terdapat butiran beras sisa penggilingan yang akan menyebabkan jamur karena jika jamur tersebut menempel pada akar akan menimbukan masalah baru.
  5. Tanah yang digunakan adalah tanah top soil atau tanah yang paling atas. Ciri-ciri tanah top soil yang baik warna coklat kehitaman dan gembur. Namun jika tidak ada tanah top soil yang kita gunakan tapi tanahnya wadas atau lempung bisa di tambah sekam padi yang sudah lama.
  6. Setelah semua maka langsung tanam pohon di lubang tanam yang telah di buat tadi, jangan lupa siram pagi dan sore hari.

Demikianlah pembahasan kami tentang cara menanam kelengkeng new kristal, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca semua. Salam sukses selalu buat anda !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *