Cara Memilih Entres Tanaman Yang Baik

12 views

Cara Memilih Entres Tanaman Yang Baik – Kebutuhan akan pohon buah yang berkualitas saat ini sangat banyak, dalam menciptakan pohon buah yang berkualitas harus melalui bermacam-macam cara, dan harus pandai dalam memilih tanaman buah yang berkualitas karena jika salah akan membutuhkan waktu yang lama untuk menganti.

Salah satu tanda bahwa tanaman tersebut berkualitas bisa di lihat dari pohon yang cepat menghasilkan buah yang banyak dan enak dalam penanaman yang singkat. Maka tanaman perlu di perbaharui sifat yang kurang baik menjadi baik dan sempurna.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam memeperbaiki tanaman agar berkualitas berbeda beda. Diantaranya adalah okulasi/tempel, sambung, toping, top working, sambung samping, dan sambung keji dan lain-lain. Diantara semua teknik untuk memperbaiki mutu tanaman tersebut semua mengunakan entries.

Pengertian Entres Tanaman

Apakah entries itu ? entries adalah mata tunas yang kelak akan menjadi ranting, cabang bahkan menjadi tujuan utama tanaman. Karena entres sangat dan sangaaat penting sebabagai salah satu syarat memeperbarui dan perbanyakan mutu tanaman dengan cara vegetatif, maka dari itu harus  hati-hati dan harus tepat dalam pemilihanya.

Selain tepat Pemilihan, juga harus pas, pas waktunya juga pas besar kecilnya, harus dari tanaman yang berkualitas dan juga dari pohon yang sehat, terhindar dari bibit penyakit, kuat dari serangan hama, tahan terhadap perubahan cuaca atau mudah beradaptasi.

Jika itu tanaman buah maka harus yang berbuah banyak, besar juga enak, dan juga buah tahan serangan hama. Entries yang baik berasal dari tanaman yang sudah tumbuh besar dan sudah berbuah karena sudah terlihat apakah tanaman tersebut sudah berbuah baik, banyak dan enak dan apakah mampu menahan serangan hama juga adaktif atau mampu adaptasi terhadap iklim yang berubah ubah.

Ada hal-hal dasar dalam pencarian entres atau mata tunas yaitu berbedanya tanaman satu dengan tanaman lain. Perbedaannya yaitu antara entres buat tempel atau okulasi dan entres yang digunakan untuk menyambung.

Baca juga artikel kami lainnya disini

Cara Memilih Entres Tanaman Yang Digunakan Untuk Okulasi

Pencarian entres atau mata tunas untuk okulasi juga berbeda antara tananman buah yang satu dengan tanaman buah yang lain. Contohnya :

  1. Entres untuk mangga dan jeruk harus sudah terlihat mata tunasnya maksudnya terlihat adalah mata tunas nampak seperti jerawat yang telah matang, tetapi ingat mata tunas jangan yang sudah pecah atau tumbuh panjang serta jangan juga yang sudah terlihat daunnya. Karena saat pengikatan dapat patah.
  2. Entres untuk tanaman rambutan, matoa, jambu biji dan jambu air jangan ada mata tunas yang terlihat tumbuh, karena mata tunasnya sangat rapuh dan mudah patah jika telah tumbuh. Pada tanaman ini cukup hanya terlihat bakal mata tunas yang terlihat seperti titik kecil tumbuhnya calon tunas.
  3. Entres untuk durian cari yang telah nampak dan sudah lancip seperti tombak tapi belum pecah atau terbuka kuncup mata tunasnya. Tapi harus hati-hati jika dengan tanaman yang mengunakan entres seperti ini karena akan mudah patah. Untuk tanaman lain mungkin bisa di sesuaikan dengan keadaan tanaman tersebut seperti apa.

Cara Memilih Entres Tanaman Yang Digunakan Untuk Menyambung

Pencarian entres yang ke dua adalah mata tunas beserta batang atau kayu yang ada bakal tunas dan biasanya entres yang diambil dengan kayunya ini digunakan untuk meyambung.

Atau dengan kata lain yang di gunakan dalam perbaikan mutu tanaman dengan mengunakan batang tanaman yang ada bakal tunas kemudian di sambungkan ke pokok tanaman yang akan di jadikan bakal batang bawah.

Pencarian entres beserta batangnya ini mirip dengan entres untuk menempel atau okulasi hanya saja yang di butuhkan entres beserta batang yang ada mata tunasnya. Hanya saja ada beberapa hal yang dilakukan untuk penyambungan dan penempelan dengan batang mata tunas ini yaitu :

  1. Pilihlah batang yang sesuai atau kapabilitas. Batang mata tunas dipilih dari kesesuaian besarnya. Kesesuaian batang sangat penting karena tingkat keberhasilan akan lebih besar, tetapi jika pun tidak bisa di temukan yang sama bisa juga menggunakan yang lebih besar atau lebih kecil. Tapi jika lebih besar batang mata tunas yang atas maka jangan yang tepaut jauh perbedaan besar batang mata tunas dan batang bawah, kemudian jika yang besar batang bawah dari pada batang mata tunas maka dapat di atasi dengan teknik sambung samping.
  1. Saat melakukan cara okulasi maupun sambung, diusahakan saat kambium sedang aktif yang ditandai dengan munculnya tunas-tunas baru dan kulit mudah dikelupas. Karena disaat tanaman aktif membelah tanaman akan mudah dalam menyembuhkan luka atau mudah terbentuk sehingga luka akan cepat menyatu dengan sambungan atau tempelan.

Saat penempelan berhasil maka tanaman baru akan terbentuk sesuai entries yang digunakan dan tanaman baru akan mampu berbuah karena cabang akan seperti cabang yang telah berumur lama.

Video Cara Memilih Entres Tanaman Mangga

Bagi para pembaca yang masih kurang paham terhadap artikel yang telah kami jelaskan diatas, anda dapat melihat video dibawah ini sebagai acuan bagaimana cara memilih entres tanaman yang baik, pada tutorial ini kami mempraktekkannya pada tananam mangga, namun teknik ini dapat anda terapkan pada tanaman apapun untuk memperbaiki mutu sebuah tanaman, yuk kita simak video ini :

Sampai di sini dulu pembahasan kami tentang pentingnya cara memilih entres tanaman atau mata tunas, semoga sedikit tulisan yang jauh dari sempurna ini dapat membantu dan menjadi sedikit referensi tambahan ilmu.

Untuk kesempurnaan artikel ini silahkan beri masukan di kolom komentar.

Salam hijau dari kami chanel tutorial tanaman.

8 thoughts on “Cara Memilih Entres Tanaman Yang Baik

    1. Tidak harus pada mata tunas saat membuat sayatan untuk tempat entres, cari tempat yang lurus dan mudah saja…

    1. Jika untuk okulasi maka pilih kambium yang sedang aktif dengan cara mengecek dengan mengelupasnya jika mudah kulit trkelupas dari kayu maka itu bisa d katakan sedang aktif dan untuk entres yang untuk okulasi dan penyambungan sama sama di cari yang tidak terlalu tua dan tidak trlalu muda dengan batang masih berwarna coklat muda..

      1. Kalau mengambi entress dari pohon yg belum berbuah ,tpi pohon itu hasil dari okulasi ,bagus tda ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *