Cara cangkok susu tanaman agar cepat tumbuh akar

24 views

Asalamualaikumwrwb, kembali lagi di website kami tutorial tanaman, kali ini kami kembali akan membahas tentang cara memperbanyak tanaman dengan cara mencangkok. Tetapi cangkok tanaman yang akan kami bahas berikut ini yaitu dengan cangkok menggunakan 3 atau lebih akar tanaman yang masih sejenis kemudian kita tempelkan pada cabang batang tanaman yang sudah tumbuh dewasa kemudian tempelan tersebut diberi cocopeat yang kemudian dibalut menggunakan plastik dan diikat. Cara ini sering dikenal atau disebut dengan cara cangkok susu tanaman, baiklah mari kita bahas sedetail mungkin dalam artikel dibawah ini.

Pengertian cara cangkok susu tanaman

cara cangkok susu tanamanJadi secara umum cangkok susu tanaman adalah menyatukan pangkal akar beserta akarnya ke batang utama yang masih sejenis, bertujuan untuk memperbanyak dan memperbaiki kualitas mutu tanaman serta dapat mempercepat pertumbuhan buah pada tanaman.

Kelebihan cara cangkok susu tanaman antara lain yaitu :

  1. satu pohon dapat memiliki pokok akar lebih dari satu dengan begitu lebih banyak sari makanann yang di serap jadi mutu tanaman akan baik dan ungul.
  2. buah yang dihasilkan akan lebih baik dari induknya.
  3. dapat lagsung berbuah saat pohon ditanam jadi tidak perlu menunggu waktu yang lama.
  4. cocok untuk tabulampot (tanaman buah yang dikembangbiakkan dalam pot)

Saat ini cangkok susu sangat banyak peminatnya karena banyak keungulannya. Cara dalam melakukan teknik cangkok susu ini mudah tapi juga tidak boleh di sepelekan harus melalui proses. gagal dalam satu proses maka akan berakibat gagalnya cangkok susu yang kita lakukan.

Persiapan awal cara cangkok susu tanaman

Baiklah langsung saja alat dan bahan kita persiapakan yaitu :

Peralatan yang kita perlukan antara lain :

  1. Pisau okulasi atau cuter, ingat harus tajam dan seteril.
  2. Grafting tape atau tali plastik juga harus seteril.
  3. Plastik lembaran kira 20cmĂ—20cm atau sesuaikan dengan batang dan juga besar cangkokan yang kita akan buat
  4. Tali rafia

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu :

  1. cocopeat atau cincangan sabut kelapa, bahan ini banyak tersedia di took-toko pertanian. cocopeat kita buat agar lembab yaitu degan memberikan campuran air sedikit saja. Takarannya bisa kita kira-kira sudah terasa basah tapi tidak meneteskan air bila di peras jagan sampai terlalu banyak karena akan membuat akar tempelan busuk.
  2. Pokok batang utama yang berkualitas unggul.
  3. tanaman dari biji yang nantinya akan kita gunakan akarnya dan di sisakan sedikit batangnya besarnya kira-kira 7 cm atau di sesuaikan dengan batang utama

Cangkok susu ini bisa mengunakan akar lebih dari 2 atau di sesuaikan dengan batang utama.

Oke langsung praktek jangan lupa siapkan air panas, gelas dan gula juga kopi. Setelah segelas kopi jadi, srutup dulu dan aaaaaah nikmaaaat..hahahaha 🙂

Langkah-langkah dan cara cangkok susu tanaman

cara cangkok susu tanamanLangkah 1 : Setelah siap alat dan bahan tadi kita ambil 3 akar saja tapi bisa lebih sesuai selera, tergantung besar batang utama. Iris menyamping di atas pangkal akar kurang lebih 5 cm ingat pengirisan jangan  sampai berulang ulang, boleh berulang tapi harus ulang satu sayatan miring dari bawah sampai atas.

Karena jika kita mengulang ulang sayatan akan menimbulkan memar yg berakibat rusaknya kambium dan akan menyebabkan gagalnya penyembuhan luka dan penempelan antara batang dengan akar. Jadi otomatis tidak akan menyatu.

Ingat jangan sampai bergelombang supaya dapat menyatu sempurna dan tidak ada cekungan karena jika bergelombang akan sulit menyatu ini akan mengurangi keberhasilan.

cara cangkok susu tanamanLangkah 2 : Setelah itu selesai, kita lanjut ke batang utama, lakukan sayatan pada batang utama bisa lebih dari satu. misalnya kita buat cagkok susu 3 akar maka kita buat 3 sayatan. caranya, kita kerat sebesar irisan pada pokok akar tadi agar nantinya bisa pas sempurna besar dan panjangnya. Setelah itu kelupas kulit sayatan tadi.

Ingat jangan sampe lupa sebelum akar kita tempelkan kita harus kerat dulu bagian bawah dari sayatan yang kita buat tadi sama seperti pada cangkok biasa yaitu  dikerat kemudian dikelupas kulitnya selanjutnya di bersihkan dengan cara di kerok agar kambium hilang, harus benar-benar hilang kambiumnya agar tidak pulih menjadi kulit baru, sebab bila hal itu terjadi akan gagal cangkok susu kita karena sari makanan tidak terhenti ke akar yang kita tempelkan.

cara cangkok susu tanamanLangkah 3 : setelah itu baru kita satukan akar dan batang utama, kemudian kita ikat mengunakan tali plastik biasa untuk okulasi, usahakan ikatan harus rapat dan kuat, tetapi jangan sampai terlalu kuat karena bisa melukai batang pakal akar, ingat juga harus rapat supaya udara tidak terperangkap antara tempelan karena adanya udara yang terperangkap akan menjadikan kelembaban.

Kelembapan itulah yang akan menjadikan tetesan air, jika hal tersebut terjadi maka air dapat mudah masuk di antara sambungan maka akan menyebabkan sambungan sulit menyatu atau lamanya penyembuhan luka dan resiko terbesarnya adalah busuk pada tempelan pangkal akar dan batang utama yang pastinya gagal praktek cara cangkok susu yang kita kerjakan tersebut.

cara cangkok susu tanamanLangkah 4 : Setelah itu isilah menggunakan cocopeat yang telah kita buat agar lembab tadi setelah kira-kira cocopit telah cukup, kemudian ikat bagian atas setelah itu baru diikat pada bagian tengah yang kencang agar padat dan tungulah sekitar kurang lebih 3 bulan.

Kemudian setelah jangka kurang lebih tiga bulan kita sudah bisa melihat hasil dari cangkok susu tersebut, jika berhasil maka akan terlihat atau muncul akar-akar serabut baru yang tumbuh disekeliling cocopeat tersebut, dan jika gagal maka akar yang telah kita tempelkan pada batang utama tadi akan terlihat kering, dan jika kita ingin tetap berhasil harus mencoba lagi pada cabang batang yang lain.

Kemudian kita buat lubang pada plastik jika memang akar yang baru tumbuh dan sudah terlihat, di saat itulah akar sudah mulai menyatu dengan batang dan akar sudah bisa menyerap air, buatlah lubang untuk menyiram dan berikan air jika memang sudah kering cocopeat dalam plastik.

Video cara cangkok susu tanaman pohon rambutan

Nah bagi para pembaca yang masih bingung atau kurang jelas pada artikel yang telah kami bahas, silahkan tonton video cara cangkok susu pohon rambutan dibawah ini agar dapat memberikan gambaran untuk anda.

Nah demikian pembahasan kita kali ini, semoga dapat menambah wawasan ilmu tentang cara memperbanyak tanaman maupun memperbaiki mutu sebuah tanaman, dan mudah-mudahan dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda khususnya para pencinta berkembangbiakkan tanaman diseluruh wilayah tanah air ini, sampai bertemu dipembahasan yang lain. Wassalamu’alaikumwrwb.

20 thoughts on “Cara cangkok susu tanaman agar cepat tumbuh akar

  1. Batang akarnya kira-kira berapa bln bisa di cangkok susu. .
    Trus bisa gak batang akar masi hijau atau belum berkayu.

    1. Kira2 sebesar pensil atau jika sudah berkayu bisa d gunakn sbgai cagkok susu . Untuk yg blum brkayu akan sulit karena akan membusuk…

    1. iya terima kasih telah mampir di web kami, semoga artikel maupun video2 kami yang kami share dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya…

    2. iya terima kasih telah mampir di web kami, semoga artikel maupun video2 kami yang kami share dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya…

  2. pak bisakah akar jeruk disambugkan dengan durian, atau kita ambil akar durian dari dalam tanah untuk cangkok susu

    1. Tidak bisa mas.. harus yang sejenis.. atau masih satu famili.. jika pohon jeruk gunakanlah akar jeruk dan jika ingin sambung susu durian gunakanlah akar durian..

  3. pak bisakah akar jeruk dicangkokan dengan durian, atau kita ambil akar durian dari dalam tanah untuk cangkok ke durian tersebut

    1. Tidak bisa mas.. harus yang masih sejenis. jika jeruk dengan tanaman jeruk dan apabila durian gunakanlah akar durian..

  4. mas klo pohon manggah batang nya pohon manggah indramayu akar nya menggunakan manggah harum manis bisa tidak mas

    1. Pertanyaan kedua : apakah bisa akar entres dari jenis rambutan varietas lain dikombinasi ke batang utama?

  5. Terima kasih tutorialnya, insya Alloh dlm waktu dekat kita bisa praktekkan dan Indonesia tidak perlu import buah dan Indonesia ijo royo-royo (green).

  6. apakah bisa cangkok susu diaplikasikan pada tanaman alpukat mas ??
    soalnya dah berkali2 aku gagal cangkok alpukat, gak mau keluar akar nya….

  7. mas kalau ambil akarnya dari akar yg udah dewasa dan di tempelin ke ranting bisa gk mas.. tapi masih 1 jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *